PROSES BEAJAR YANG BAIK

Belajar adalah melihat, mendengar, memperhatikan, mempelajari, dan kegiatan lain yang menunjang dengan tujuan orang yang belajar bisa memahami apa yang sedang dipelajarinya. Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah maupun di kampus ketika jam pelajaran berlangsung yang dibimbing oleh Bapak guru atau Ibu dosen. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah, baik dengan PR (pekerjaan rumah) maupun tidak. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru dan waktu yang sedikit mengakibatkan dampak yang tidak baik.

Belajar adalah suatu kegiatan yang pasti dialami semua umat manusia didunia ini. Walaupun sudah menjadi Doktor maupun Prosesor sekalipun masih harus belajar, karena kegiatan belajar tak mengenal umur maupun waktu, setiap kita belajar dan mendapat suatu ilmu  yang baru itu merupakan bekal yang sangat baik bagi masa depan kita. 

Karena belajar adalah suatu kegiatan yang banyak orang melakukannya maka banyak juga para ahli yang memberikan trik trik belajar yang baik, kita dapat mencari diberbagai literature dari media cetak maupun dari internet. Salah satunya saya mendapatkan dari http://dennywj.wordpress.com.

Proses belajar yang baik pertama adalah, diawali dengan rasa ingin tahu kita yang diungkapkan dengan berbagai pertanyaan. Disini kita harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dimana rasa ingin tahu kita harus dilatih dengan membuat pertanyaan – pertanyaan pada saat kita melihat sesuatu yang baru, rumus yang baru ataupun bertemu teman baru. Disini kita harus membiasakan diri jangan menerima sesuatu hal yang baru apa adanya kita harus banyak bertanya dengan hal yang baru bahkan hal yang belum diketahui, sehingga timbul temuan – temuan atau rancangan yang baru. Sebagai contoh pada saat kita belajar kalkulus, kita diberikan berbagai rumus – rumus untuk menyelesaikan masalah, pernahkan Anda bertanya dari mana rumus itu berasal, atau bagaimana bisa mendapatkan rumus itu?? Pada saat kita melihat sampah, pernahkah Anda berpikir bagaimana sampah bisa dimanfaatkan supaya menjadi lebih berguna?

Lalu yang kedua yaitu mencari jawaban – jawaban yang kita pertanyakan tadi, kita harus berusaha mencari jawaban itu sebaik – baiknya, karena pertanyaan tanpa ada jawaban yang pasti itu sia – sia.

Ketiga adalah membaca buku, ataupun bacaan lainnya yang mengandung pengetahuan, ini sangat penting untuk menambah wawasan kita, mungkin dijaman sekarang tidak sulit mendapatkan bacaan yang mengandung ilmu pengetahuan apalagi sejak adanya internet, dan buku – buku pun harganya tidak terlalu mahal, dibanding ilmu yang kita dapat. Keempat kemampuan berbahasa, yang dimaksudkan disini lebih ke berapa banyak bahasa yang Anda kuasai, bahasa sangat penting supaya kita bisa mencari ilmu lebih banyak lagu dan lebih banyak literature yang kita bisa baca, contohnya buku buku yang berbahasa inggris kadang – kadang lebih lengkap dan lebih jelas, bagaimana Anda bisa membaca buku inggris jika kita tidak bisa bahasa inggris. Mungkin ada buku terjemahannya namun buku terjemahaan masi kalah bagus dengan buku yang aslinya.

Yang kelima adalah kecepatan membaca, ada orang yang dapat membaca buku 100 halaman dalam waktu sejam saja, ada yang membutuhkan waktu seharian, ini pastinya akan berpengaruh berapa banyak ilmu yang akan didapatnya. Kita pula dapat melatih kecepetan membaca kita, cara utama adalah sering membaca, dan lainnya Anda dapat mencari trik  -  trik membaca cepat dari literature lain, sudah banyak trik – trik membaca cepat yang diedarkan diinternet. 

Yang keenam pastinya adakah dengan cara memilih buku ajar yang baik denagn cara:
-          Survei maksudnya kita melihat apakah buku ini baik dan sesuai dengan yang kita inginkan
-          Question yaitu melakukan pertanyaan – pertanyaan yang kita harapkan setelah membaca buku tersebut.
-          Read yaitu membaca sekilas buku terdebut, atau membaca sinopsisnya.
Yang Terakhir dan yang utama adalah takut akan Tuhan, ini adalah suatu hokum mutlak supaya kita dapat mengembankan ilmu lebik baik lagi, sesuai dengan slogan saya diblog inipun adalah takut akan Tuhan adalah awal dari ilmu kita.

Gambar diambil dari http://www.google.co.id/imglanding

SUMBER:
http://dsinilah.blogspot.com
http://dennywj.wordpress.com/

0 Response to "PROSES BEAJAR YANG BAIK"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme